Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa

 


Salah satu cara mewujudkan gerakan pembudayaan gemar membaca, yakni dengan rutin berkunjung ke perpustakaan. Sebagaimana dilakukan Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar, yang berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa, Kamis, 14 September 2023.


Kunjungan ini dipimpin langsung Ketua Bunda Pustaka, Mulyati Husain, dan sejumlah pengurus Bunda Pustaka. Kunjungan ini untuk mensosialisasikan keberadaan Bunda Pustaka, sekaligus menjajaki kemungkinan mereplikasi Bunda Pustaka, yang merupakan program inovasi SD Negeri Borong.


Mulyati Husain, yang akrab disapa Bunda Eki, berbagi pengalaman seputar program-program yang dilakukan. Bunda Rahmat, salah seorang pengurus Bunda Pustaku mengungkapkan manfaat dirinya masuk komunitas ibu-ibu orangtua murid itu. Dikatakan, semula dia kurang percaya diri, tapi kini dia sudah tidak ragu lagi tampil berbicara di depan banyak orang.



Bunda Icha, sebagai pengurus yang mengelola akun medsos Bunda Pustaka, juga menyampaikan manfaat ikut organisasi ini. Dia bisa menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan karena ada kelas menulis. Rusdin Tompo, pegiat literasi yang ikut dalam kunjungan itu, bahkan menyampaikan bahwa beberapa tulisan dari Bunda Pustaka sudah dibukukan dalam buku bunga rampai. Bahkan tulisan mereka disertakan bersama tulisan pustakawan dan kepala sekolah.


Kunjungan Bunda Pustaka ke Perpustakaan yang berdiri megah dengan ciri warna merah bata itu, dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan. Hari Kunjung Perpustakaan diperingati setiap tanggal 14 September. Pencanangannya dilakukan oleh Presiden Soeharto, sejak 1995.


Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa terletak di Jalan Masjid Raya No 36 Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, tak jauh dari rumah jabatan Bupati Gowa. Lokasi perpustakaan ini sangat strategis karena dekat dengan Kantor Bupati Gowa dan Lapangan Syekh Yusuf.


Rombongan Bunda Pustaka diterima Irfan Latief, pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa. Irfan banyak bercerita seputar perkembangan dan pengelolaan perpustakaan yang diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, pada November 2023.


Irfan menyampaikan, pada saat peresmian, Bupati Gowa, Dr Adnan Purichta Ichsan, telah menginstruksikan agar anak-anak sekolah secara bergantian mengagendakan jadwal kunjungan ke perpustakaan. Pada awalnya, jumlah pengunjung bisa mencapai 400 orang per hari. Itu karena warga begitu antusias datang ke perpustakaan. Namun kini, kata Irfan, rata-rata sehari pengunjungnya 200 orang.


Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa ini punya jumlah koleksi buku sebanyak lebih 11.270 eksemplar. Sedangkan jumlah judul buku yang ada sebanyak lebih dari 4.600 judul. Tenaga pengelola perpustakaan, diakui masih terbatas, hanya 10 orang, di mana 3 di antaranya merupakan pustakawan.


Karena perpustakaan ini sudah berbasis digital maka masyarakat bisa mengakses buku-buku melalui aplikasi iGowa di Play Store untuk smartphone Android. Aplikasi iGowa yang merupakan digital library ini berbasis media sosial yang dilengkapi  eReader untuk membaca ebook.


Sejak terbentuk, Bunda Pustaka selalu mengadakan kunjungan setiap kali memperingati Hari Kunjung Perpustakaan. Sebelumnya, pada tahun 2021, mereka mengadakan kunjungan ke Perpustakaan Ibu dan Anak di Jalan Lanto Daeng Passewang. Tahun 2022, kunjungan dilakukan di Perpustakaan Umum Kota Makassar di Jalan Lamadukelleng

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau