KPS Tanggara Lirik Potensi, Sungai dan Beberapa Air Terjun Tombolo Pao

Komunitas Peduli Sungai Tanggara Gowa Sinjai,  adalah Komunitas yang lahir dari daerah yang mempunyai potensi alam yang memadai.

Potensi - Potensi itu seperti Pertanian,  Lokasi Pendakian,  Sungai dan Air Terjun

Sungai Tanggara Gowa Sinjai pas berada di bawah kaki Gunung Bawakaraeng,  di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa dan aliran air mengalir di beberapa desa yang ada di Tombolo Pao, Seperti Desa Tonasa dan Desa Pao.

Dari Aliran Sungai Tanggara ini,  terdapat beberapa air terjun seperti air terjun Kaloro Larang dan air terjun Bantimurung Gallang di Desa Pao

Selain kedua air terjun tersebut masih ada air terjun lain di Tombolo Pao,  seperti Air Terjun Batang Masapi Desa Bolaromang dan Air Terjun Liku Sassang di Desa Kanreapia. 

Selain Itu Sungai juga mempunyai makna yang dalam bagi warga sekitar yakni dijadikan sebagai tempat Naun Riere (Naun artinya turun dan Riere artinya air) kegiatan ini menjadi budaya bagi pengantin baru.

Sebagai daerah Pertanian Sungai sangat berperan dalam proses penyiraman Sayur Mayur maupun persawahan,  sehingga Komunitas Peduli Sungai Tanggara Gowa Sinjai Rumah Koran mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan,  menjaga dan mengembangkan potensi - Potensi yang ada di Tombolo Pao dan sekitarnya.

Astan S. Sos sebagai Sekcam Tombolo Pao sangat merespon kegiatan - kegiatan Komunitas Peduli Sungai Tanggara Gowa Sinjai Rumah Koran,  dan senantiasa memberikan dukungan serta motivasi bagi pengurusnya,  bagi Astan kegiatan Komunitas Peduli Sungai Tanggara Gowa Sinjai bisa membantu Pemerintah dalam mempromosikan Potensi Kecamatan Tombolo Pao dan membantu dalam menjaga Sungai baik dari segi kebersihan dan lainnya.  Tutupnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa