Tumbuhkan Minat Baca, Duta Baca Sulawesi Selatan Adakan Roadshow

Rendahnya budaya baca bangsa Indonesia menjadi  perhatian oleh berbagai pihak. Olehnya banyak pihak terus melakukan gebrakan untuk membudidayakan literasi, atau kegiatan semangat membaca dan menulis.

Duta Baca Sulsel yang dinaungi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu yang terus berjuang membantu masyarakat mengenali literasi.

Dalam mewujudkan tujuan itu, Duta Baca Sulsel menggagas program RODA (Roadshow Duta) di beberapa tempat. Kali ini kegiatan itu digelar di Desa Moncongloe Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Rabu (05/12/2018).

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang masuk dalam program kerja Duta Baca bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan 2018-2019. Hingga saat ini sudah ada enam titik Roadshow Duta yang telah digelar di beberapa Kabupaten/Kota di Sulsel.

Dalam kegiatan ini, tema sentral yang diambil yakni "Pembudayaan Kegemaran Membaca di Sulawesi Selatan" dengan tagline 'Yuk menjadi generasi gemar membaca.'

Kegiatan yang dihadiri oleh perangkat desa Moncongloe, Camat Manuju, tokoh pendidikan dan Babinkantibmas Polsek Manuju ini juga terlaksana atas kerjasama dari Mahasisiwa UIN Alauddin Makassar yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Moncongloe Kecamatan Manuju.

Acara diisi dengan kegiatan pemberian motivasi gemar membaca, pembagian buku dan peresmian lapak baca.

Andi Fathur Radhy, Koordinator Desa Moncongloe mengatakan bahwa kegiatan ini juga menjadi salah satu rangkaian dari program kerjanya.

Adapun Camat Manuju, Tajuddin mengatakan bahwa perlunya penyediaan insfrastruktur dalam mendukung kegemaran membaca di Kecamatan Manuju.

"Kami harapkan bisa ada bantuan berupa buku buku di kecamatan. Misal buku buku PKK, dan lainnya," kata Tajuddin.

Selain itu, Muhammad Rizal Parewa, Babinkantibmas Polsek Manuju menjadi sangat bersemangat untuk ikut menggalakkan kegemaran membaca di Desa Moncongloe dan Kecamatan Manuju pada umumnya.

"Kedepannya binmas, akan mengajak masyarakat agar gemar membaca. Saya terpukul melihat posisi Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara yang memiliki minat baca rendah. Makanya saya mau, membawa buku buku di jok belakang motor saya untuk saya antar keliling desa, supaya bisa dibaca oleh masyarakat terutama ibu ibu," kata Rizal sapaan akrab Binmas yang dikenal dekat dengan masyarakat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023