Impact Inisiator Makassar Perkenalkan Sigajang Laleng Lipa di Bootcamp PLUS



Budaya adalah tradisi yang telah melekat dan menjadi ciri khas suatu daerah, Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia punya berbagai macam tradisi dan ritual yang menjadi kekayaan budaya.

Seperti Masyarakat Sulawesi Selatan mempunyai sebuah tradisi untuk menyelesaikan masalah apabila tidak mencapai kata mufakat dalam sebuah musyawarah.

Untuk mencapai kata sepakat, maka harus menempuh atau baku tikam yang kemudian dikenal dengan nama Sigajang Laleng Lipa atau dikenal juga sebagai Sitobo Lalang Lipa.

Dalam ritual ini, dua orang yang bertikai akan menyelesaikan permasalahannya dengan bertanding menggunakan (senjata khas masyarakat bugis) dalam sebuah sarung sebagai batas arena pertandingannya.



Sigajang Laleng Lipa ini di perkenalkan di Bootcamp Inlusive island,  di Jakarta (02-07-2019) Lalu,  oleh Impact inisiator yang berasal dari Kota Makassar,  Yakni Jamaluddin Dg Abu,  Andrew Kresna, Muhammad Taufan Gunawan, dan Rusmanhadi Takbir.

Perkenalkan Budaya ini di lakukan oleh semua peserta bootcamp Inlusive island,  dari lima daerah,  Makassar,  Medan,  Padang,  Pontianak,  dan Jayapura

Tujuan dari perkenalan budaya ini untuk salin mengenal budaya dari daerah lain dan untuk menumbuhkan rasa toleransi dalam masyarakat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa