Diskusi Pendidikan Lingkungan Hidup dan Penandatanganan Kerja Sama JICA bersama Sekolah di Makassar



Sekolah Hartaco Indah yang sedang menuju pada level Adiwiyata Mandiri, menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan diskusi Pendidikan Lingkungan Hidup sekaligus Penandatanganan Kerja Sama (MoU) bersama Sekolah di Makassar.


Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Junior Expert bidang Pendidikan Lingkungan Hidup Japan International Cooperation Agency (JICA), Mr. Tsubasa Koshimizu yang ditugaskan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar. Inisiasi kegiatan ini dimediatori oleh Direktur Rumah Senyum Sehat, Zhuchri Kasman melalui programnya Ekstrakurikuler Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja sebagai mitra pendamping Mr. Tsubasa selama berkegiatan di sekolah ke depannya.

Acara ini berlangsung mulai pukul 09.00 wita hingga menjelang siang hari. Kegiatan dimulai dengan dibuka oleh moderator, Zhuchri Kasman yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri oleh Mr. Tsubasa di hadapan kepala sekolah dan guru yang mewakili. Setelah selesai itu, kegiatan diisi dengan acara menikmati santapan tanpa sampah sambil dibuatkan perjanjian kerja sama bagi sekolah yang hadir di pertemuan pada hari ini. Di tanggal 22 Agustus 2019 ini, setiap sekolah secara bergantian bertanda tangan bersama Mr. Tsubasa Koshimizu. Di akhir kegiatan, para Kepala Sekolah dan yang mewakili bersama Mr. Tsubasa Koshimizu meneriakkan yel-yel untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata.

“Kegiatan ini akan ada untuk menjalin kerja sama yang baik dengan pihak sekolah, dan program Ekskul Dokcil KKR siap menemani para ahli JICA ini dalam menjalankan kegiatannya selama di kota Makassar, seperti para ahli muda (Junior Expert) sebelumnya sejak 2012”, tutur kak zHu Direktur program Ekskul Dokcil.

Pernyataan dari Junior Expert JICA, Mr. Tsubasa Koshimizu,“saya ingin membantu sekolah di Makassar untuk bisa menjadi lebih peduli dan menjadikan karakter akan wawasan lingkungan yang sekolah telah ajarkan dan saya sendiri berikan kepada sekolah nantinya.”

Kegiatan ini akan berlangsung di beberapa sekolah nantinya hingga sekitaran April 2020. Peserta yang hadir pada pertemuan di antaranya adalah SDI Hartaco Indah, SDI Mallengkeri Bertingkat I, SDI Maccini Baru, SDI Kampus IKIP, SDI Andi Tonro,  SMPN 46, SDI Unggulan BTN PEMDA, SDN Unggulan Mongisidi I, SDN Kakatua, SDN Bontorannu II, SDN Mannuruki, SDN Parang Tambung I dan SDI Pa’baeng-Baeng.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa