Minat Baca Buku Meningkat Melalui Baca Buku di Alam Terbuka


Pendidikan adalah proses mendewasakan manusia dan mengandung falsafah pembalikan yakni dari yang tidak diketahui menjadi tahu. Pendidikan tak hanya pula terkungkung dalam ruang kecil yang membosankan. Berangkat dari hal inilah, Taman Baca Nurul Jihad Parang Bebbu Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan menjadikan Kelas Alam sebagai salah satu program kerjanya. Kamis,14/11/2019


"Mencapai hasil maksimal lewat belajar tak melulu harus terpaku dalam bentuk materi di ruang kelas. Alam semesta adalah sebuah ruang kelas raksasa. Menyatu dengan alam juga menjadi konsep pembelajaran yang memperluas wawasan bagi anak" kata Akbar selaku Founder Taman Baca Nurul Jihad Parang Bebbu.

Lebih lanjut, Akbar mengungkapkan bahwa  ide untuk membawa adik-adik kesawah bertujuan agar dapat merangsang ide-ide kreatif mereka dalam menuliskan semua hal apa yang mereka lihat di sawah. Karena setiap anak memiliki sudut pandang dan keragaman kreativitas yang perlu mereka asah. Jika mereka berada melulu di kelas, maka mereka tak dapat secara leluasa mengembangkan sisi kreatif mereka dalam memecahkan tugas dan masalah.

Dari hasilnya pun beragam, ada yang menuliskan tentang keindahan sawah. Ada pula yang menceritakan kepada teman-temannya yang lain tentang profesi seorang petani sebagai bentuk pemahaman yang mereka tangkap dari bentangan pemandangan sawah didepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023