Taman Baca Nurul Jihad Parang Bebbu Mengembala Sapi Sambil Baca Buku


Proses pembelajaran terhadap peserta didik baik yang formal ataupun yang tidak formal seperti rumah baca ataupun taman baca masyarakat harus benar-benar menyenangkan, sehingga para peserta didik betah untuk belajar. Pembelajaran di luar kelas (outdoor study) merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang terhindar kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar dalam kelas.


Seperti yang dilakukan oleh Taman Baca Nurul Jihad Parang Bebbu Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, mereka sering melakukan  kegiatan belajar di luar kelas. Begitu banyak tempat yang biasa mereka jadikan sebagai wadah belajar, seperti sawah, sungai, selokan, dan lain sebagainya. Mereka pula sering melakukan aktivitas belajar sambil menggembala sapi. Jadi dua kegiatan berlangsung, mereka belajar sekaligus membantu orang tua menggembala ternak sapi. Lebih lanjut, Kegiatan ini dilakukan agar mereka dapat merasakan belajar dan berinteraksi langsung dengan alam yang asri, sejuk, dan nyaman. Mereka bisa melihat barisan petak sawah, mendengar siulan burung pipit , mendengarkan gemercik air di sungai. 

Sebagai daerah perkampungan mungil, tentu saja pemandangan yang dihadirkan masih sangat asri dan jauh dari polusi yang berubah menjadi awan. Jadi sangat beruntunglah mereka belajar di lingkungan seperti ini. Selain pikiran lebih jernih karena berinteraksi dengan alam, manfaat yang didapatkan dengan belajar di alam adalah para peserta didik mampu mengenal alam lebih luas, menumbuhkan kecintaan kepada alam semesta dan Sang Pencipta, melatih motorik anak karena mereka berlari, berjalan, dan bergerak sesuka hati dan masih banyak lainnya. Selanjutnya dengan belajar di alam, para peserta didik dapat terbuka pandangannya bahwa belajar dapat menggunakan apapun dan belajar bukan kegiatan yang membosankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa