Sekolah Sungai Jeneberang Wadah Belajar Kebencanaan, Riset dan Pusat Study KPS Se Sulsel



Dukung Program Bupati Gowa Sebagai Kabupaten Pendidikan petama di Sulawesi Selatan, Sekolah Sungai Jeneberang menggandeng  Komunitas pendidik yg tergabung dalam   Komunitas Guru Belajar Nusantara,  membuat program berkelanjutan "Merdeka Belajar" yang diharapkan menjadi salah satu alternatif pembelajaran di luar sekolah dgn mempergunakan kurikulum sendiri, dalam melaksana Proses Merdeka Belajar.

Dimana Sekolah Sungai Jeneberang adalah salah satu Wadah Berbagi Ilmu tentang Sungai dan Sumber Daya Air, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Budaya, Kebencanaan, dan Pemberdayaan Masyarakat.




Sekolah Sungai jeneberang, dalam menjaga eksistensi Komunitas Peduli sungai dan Sumber Daya Air serta Komunitas komunitas umum lainnya, perlu melakukan inovasi untuk berbagi ilmu dan pendidikan untuk Sumber Daya Air (sungai, danau, laut lingkungan, hutan/gunung, tanah, air dll) dan juga pendidikan tentang, Sosial, Ekonomi, Budaya,  kebencanaan kepada semua masyarakat yang dapat mencakup sekolah dasar dan menengah, tingkat perguruan tinggi, dan masyarakat umum.

Di masa depan, semua masyarakat diharapkan dapat tertarik untuk terlibat dalam kegiatan ini yang dapat mengarah pada pemeliharaan dan perlindungan yang baik terhadap Sumber Daya Air.

Masyarakat perlu ditingkatkan kapasitas pengetahuannya, dilatih dan dididik tentang pentingnya potensi dan fungsi sungai serta Sumber Daya Air Lainnya.

Untuk itu Sekolah Sungai Jeberang terus melaksanakan peningkatan kapasitas bagi komunitas Peduli sungai, pemerhati Lingkungan, dan juga generasi muda dari berbagai latar belakang pendidikan dan organisasi Serta masyarakat Umum

Tujuannya adalah. 

1. Menjadikan Sekolah Sungai sebagai pusat Riset, Implementasi, Sosialisasi, replikasi, desimainasi  dan gerakan kesejahteraan, ekologi,  sosial, Budaya serta pemberdayaan masyarakat.

2. Melaksanakan proses belajar-mengajar dan pendidikan kepada masyarakat tentang pengelolaan sumber Daya air (hutan, tanah dan air).

3. Memfasilitasi masyarakat dan setiap komunitas sungai dan komunitas Peduli Sumber Daya Air Lainnya yang aktif dan sukses berasal dari daerah mana saja untuk berkontribusi dalam hal materi dan pengalaman baik partisipasi dalam pengelolaan sungai maupun kegiatan yang bermanfaat dalam sosial, ekonomi, dan budaya.

4. Mendidik dan memperkuat pemahaman masyarakat yang peduli terhadap Sumber Daya Air di daerah mana pun, sehingga diharapkan dapat mempengaruhi kolega lainnya.

5. Meningkatkan kapabilitas masyarakat dalam mengurangi risiko bencana dan kesiapan menghadapi bencana, serta potensi jika ekonomi hilang akibat bencana di masa depan.

6. Menyebarkan informasi dan meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sungai dan Sumber Daya Air lainnya dan kebencanaan kepada masyarakat melalui pendidikan formal dan informal.

7. Merencanakan strategi untuk membantu masyarakat dan kepeduliannya terhadap sungai dan Sumber Daya Air lainnya untuk mendapatkan lingkungan dan sungai yang bersih, sehat, produktif dan berkelanjutan.
8. Sebagai salah satu sarana/wadah alternatif  pengembangan model yang tepat untuk mendidik masyarakat mulai dari pendidikan usia dini, sekolah dasar dan menengah, tingkat perguruan tinggi serta masyarakat Umum...

Sebagai salah satu langkah awal maka Sekolah Sungai Jeneberang bersama Komunutas Guru Belajar Nusantara akan melaksanakan Sosialisasi Merdeka Belajar, pada hari Sabtu Tanggal 14 Maret 2020, yang kemudian akan dilanjutkan dengan Proses Kegiatan Merdeka Belajar Angkatan Pertama pada Tanggal, 16 Sampai dengan tanggal 24 Maret 2020, bekerja sama dengan SMP Yapip Makassar Sungguminasa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa