TB Nurul Jihad Parang Bebbu dan Mahasiswa KKP Plus Unismuh Makassar Bagi - Bagi Pohon Jati dan Mahoni Kepada Masyarakat


Semua masyarakat tahu bahwa pohon memiliki manfaat yang begitu vital dan besar terhadap manusia dan berbagai jenis mahluk hidup di bumi. Manfaat pohon seperti membersihkan udara dari pencemaran, menyediakan air bersih, mengendalikan suhu dan kelembaban, pengendalian banjir dan bencana alam, dan tempat tinggal para hewan liar untuk bersarang,berkembang biak, mencari makan dan masih banyak lainnya.

Berangkat dari hal itulah, Taman Baca Nurul Jihad bersama Mahasiswa KKP Plus Unismuh Makassar membagikan pohon jenis mahoni dan jati putih sebanyak 300 pohon kepada masyarakat Parangbebbu, Tombolopao. Minggu (15/03/2020).

"Pohon adalah kehidupan. Pohon merupakan pondasi dasar dalam merawat ekosistem, penopang berbagai sendi kehidupan di bumi. Pohon juga adalah paru-paru bumi karena oksigen yang dihasilkan dihirup oleh mahluk hidup lainnya", ungkap Akbar.G selaku Founder Taman Baca Nurul Jihad Parang Bebbu.


Sementara itu, Iqra perwakilan dari Mahasiswa KKP Plus Unismuh Makassar mengungkapkan bahwa gerakan menanam pohon harus selalu digaungkan, dan diimplementasikan. Mengingat bahwa pohon merupakan sumber oksigen dan menjaga serta meningkatkan kesehatan tubuh baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. 

Secara simbolis, pohon di bagikan secara langsung kepada Puang Suki selaku tokoh masyarakat dan tokoh adat di kampung Parang Bebbu dan mengapresiasi tindakan TB Nurul Jihad Parang Bebbu bersama Mahasiswa KKP Plus Unismuh Makassar.

"Sungguh gerakan yang manusiawi. Dalam pandangan orang dahulu dikatakan bahwa pohon itu adalah manusia. Pohon juga memiliki  sifat seperti kita, ada yang baik, buruk, hidup dan akhirnya mati. Ada yang berperan sebagai dokter (herbal), arsitek (kayu bangunan), tentara (bambu runcing) dan masih banyak lainnya," ungkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023