SUMBANGSIH POLRI UNTUK KETAHANAN PANGAN NASIONAL


Info-Kampung-10-04-2020-Ketahanan pangan nasional saat ini telah menjadi salah satu bidang yang disoroti dalam menghadapi krisis global, hal ini disebabkan karena beberapa negara mulai menerapkan Lock Down yang sebagian diantaranya membatasi kebijakan ekspor dan impor bahan pangan antar negara. Beberapa pengamat dari lembaga dunia dibawah PBB seperti WTO, FAO dan WHO pada Rabu (1/4) bahkan sempat memperingatkan potensi krisis pangan global sebagai dampak virus corona.


Hal ini juga menjadi perhatian Aiptu Purwanto yang sekarang bertugas sebagai pengaman negara dari kesatuan Brimob POLDA Makassar namun jiwa bertaninya mendorong dia untuk terus  bisa berperan dalam membantu petani dalam mewujudkan ketahanan pangan Nasional. Meski sekarang sedang menjalani pendidikan sebagai salah satu siswa SETUKPA POLRI Angkatan 49 WIRA ADHI BRATA SANSKARA TA 2020 di Sukabumi, namun banyak petani yang dulu pernah didampinginya tetap menghubungi dan berkonsultasi sehubungan dengan budidaya pertanian organik, inilah yang membuatnya ingin terus membantu kesejahteraan para petani.
Dengan bermodal temuan Pupuk Hayati Cair Bio Teratai dari Maggot Black Soldier Fly (BSF) dan pengetahuannya tentang cara pembuatan kompos alami, banyak petani sekarang merasakan hasilnya baik dari pertambahan kuantitas dan kualitas hasil panennya, hal ini terbukti dari banyak foto yang dikirim petani sebagai ungkapan kepuasan mereka.

Pandemi Covid-19 ini, menurut Aiptu Purwanto bisa menjadi peluang bagi para petani Indonesia dalam menghasilkan produk pertanian lokal sehingga bisa menjadi sumber pangan yang limpah bagi masyarakat, salah satu keunggulannya karena produksi lokal lebih segar dan terjamin keamanannya, apalagi jika diimbangi dengan pola bertani organik yang selama ini terus dikembangkan. Hal ini juga didukung para ahli gizi yang juga menyarankan masyarakat untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19.

Dalam wawancara via telepon Aiptu Purwanto juga berpesan untuk mengajak para petani dalam mempertahankan semangat mereka khususnya di saat ada wabah COvid-19, “ ini bisa menjadi pemicu bagi kita khususnya para petani untuk tetap bersemangat dalam mempertahankan ketahanan pangan, terutama sumber pangan lokal sehat seperti padi, umbi-umbian, buah, dan sayuran dengan budidaya organik yang telah terbukti hasilnya,” tutur Purwanto, dia juga menyatakan kesiapannya untuk mendampingi dan menyediakan pupuk organik temuannya supaya dapat terus dimanfaatkan petani di seluruh Indonesia, sehingga bisa memberikan sumbangsih dalam mempertahankan kesediaan pangan Nasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa