Bersama Kita Bangun Masjid Nurul Taqwa Mesjid Tertua di Desa Bontomanai Bajeng Barat Gowa

Masjid Nurul Taqwa di Desa Bontomanai-Kec. Bajeng Barat. Salah satu masjid tertua di Kabupaten Gowa. 

Dibangun pada tahun 1936 dengan konstruksi kayu dan atap rumbia. Lalu di renovasi terakhir kali pada tahun 1942, dan ketika itu menjadi masjid Jami' bagi masyarakat antar desa disekitarnya.

Para tetua di kampung kami sering bercerita bahwa masjid ini adalah benteng aqidah dan sekaligus simpul persatuan masyarakat di daerah ini. Dahulu, komando perlawanan terhadap penjajah, acap kali diserukan dari mimbar masjid yang mulia ini. 

Namun sayang, kini di 85 tahun usianya, masjid bersejarah ini kondisinya semakin memprihatinkan. 

Plafon masjid ini telah jebol beberapa baris. Balok penyangga atap kini terlihat jelas dari ruang utama masjid. Kayunya lapuk, karena tempias air dari beberapa bagian atap yang bocor. 

Sementara tidak mudah menambal bagian atap yang rusak. Karena disamping sulit untuk memilah lembaran seng mana yang kondisinya masih baik-baik saja (seng telah rata berkarat). Balok penyangga atap ini pun sudah tidak kuat untuk dijadikan tempat bertumpu.

Jika tidak segera mendapatkan perhatian yang serius. Kerangka plafon dan atap masjid ini sangat memungkinkan roboh dalam waktu dekat. Ini tentu tidak aman bagi puluhan masyarakat yang rutin berjamaah di masjid ini. 

Masjid ini butuh renovasi berat, dalam waktu dekat. Hanya saja, kondisi kas masjid saat ini hanya cukup untuk sekedar membayar tagihan listrik setiap bulan saja. 

Bersama pengurus/takmir Masjid diawal ramadhan kemarin kami mengundang semua jamaah. Membincang terkait upaya perbaikan masjid. Meminta semua berkomitmen untuk ikut terlibat. 

Dan alhamdulillah, sepanjang ramadhan hingga saat ini telah terkumpul dukungan dana sejumlah Rp. 18.000.000 (Delapan Belas Juta Rupiah) dari total kebutuhan dana Rp. 50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah) yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan tahap awal, yakni pemasangan pondasi, pengecoran tiang dan kerangka dudukan atap masjid. 

Selain dukungan dana, beberapa jamaah (yg berprofesi sebagai tukang dan buruh bangunan) juga berkomitmen memberikan dukungannya dengan meluangkan waktu untuk bekerja bakti (iuran tenaga dan waktu) di setiap akhir pekan tanpa di gaji. 

Barakallah Fiikum. Teriring doa semoga niat baik, dan semua dukungan yang ada untuk Masjid Nurul Taqwa ini, mendapatkan ganjaran kebaikan yang lebih baik dari Allah SWT. Aamiin.

Saya mengajak Sahabatku, yang membaca tulisan ini, untuk ikut bersedekah/berwakaf jariyah, membantu ikhtiar pembangunan Masjid Nurul Taqwa ini. 

Transfer donasi bisa dilakukan melalui rekening: 
BRI 7291 01 002726 531
an. Sirajuddin Daeng Ngago (Bendahara Masjid Nurul Taqwa)

TTD.

Takmir Masjid Nurul Taqwa - Bontomanai.

Sekretariat :
Dusun Sunggumanai, Desa Bontomanai, Kec. Bajeng Barat, Kab. Gowa. (CP. WA: 081284155243).
----

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa