Selamat Komunitas Pintu Literasi Sukses Laksanakan Pemilihan Duta Baca Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa 2023

 


Dari Kampung - Pemilihan Duta Baca di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, sukses dilaksanakan oleh Komunitas Pintu Literasi. Grand Final Duta Baca Kecamatan Tompobulu, tahun 2023 itu, diadakan di Aula SMP Negeri 1 Tompobulu, Senin, 20 Februari 2023.

 

Ketua Panitia sekaligus Founder Pintu Literasi, Ramlah, S.Sos, menyampaikan bahwa kegiatan Duta Baca itu diadakan selama tiga hari, mulai Sabtu-Senin, 18-20 Februari 2023. Pada hari pertama, diadakan Technical Meeting, Pementasan Seni dan Literasi Finalis. Hari kedua, sesi photo shoot dan Literacy Action di sekolah pelosok, berlokasi di Borongnangka, Kelurahan Cikoro, juga tes tertulis dan wawancara. Hari ketiga, Karantina Online dibawakan oleh Rezky Amalia Syafiin, Duta Baca Sulawesi Selatan, 2018-2020.

 


Setelah itu puncak acara, berupa Grand Final Pemilihan Duta Baca Kecamatan Tompobulu, tahun 2023. Agendanya berupa Orasi Ilmiah dan QnA dengan juri yang hadir hari itu.

 

Hadir dalam kegiatan ini Duta Pelajar Kabupaten Gowa, Duta Pepelingasih Provinsi Sulawesi Selatan, Duta Genre Sulawesi Selatan, Duta Kampus Sulawesi Selatan, Pegiat Literasi, Pemerintah Kecamatan Tompobulu dan Tripika, UPTD Kecamatan Tompobulu dan Keluarga Besar SMPN 1 Tompobulu.

 

UPTD Pendidikan Kecamatan Tompobulu,  H. Syamsiar Syahrul, S.Pd, M.Pd, mengapresiasi kegiatan yang dimotori Komunitas Pintu Literasi ini. Apalagi kegiatan pemilihan Duta Baca Kecamatan Tompobulu ini baru pertama kali diadakan.

 

Sementara Sekretaris Kecamatan Tompobulu, Darmawangsah, SE, MM, selalu memberikan dukungan pada kegiatan kepemudaan yang bersifat positif, khususnya bidang literasi. Begitupun dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tompobulu, yang menilai kegiatan ini, bukan saja sebagai wadah berliterasi tapi sekaligus berprestasi dan melahirkan regenerasi ke depannya.

 

Founder Pintu Literasi, yang akrab disapa Rara itu, sangat bersyukur atas gelaran acara yang diadakan. Dia berharap, kegiatan ini nantinya akan menjadi jembatan untuk Berkarya Mengabdi Bermanfaat untuk Tompobulu Gemilang.

 

Tahapan Pemilihan Duta Baca ini ada beberapa. Peserta membuat vidio perkenalan diri dan visi misi calon finalis, yang kemudian diposting di akun media sosial masing-masing serta akun  Komunitas Pintu Literasi. Lalu pengumpulan berkas dan karya dengan Tema "Andai Aku Jadi Duta Baca". Mereka juga diminta mereview dua buku.

 

Pemilihan Duta Baca ini telah melahirkan sejumlah nama sebagai pemenang. The Winner Duta Baca Kecamatan Tompobulu, tahun 2023, yakni Nuramelianti, dari SMA Negeri 07 Gowa, Runner Up Duta Baca 1, Siti Hardianti, dari MAN Gowa, dan Runner Up 2 Duta Baca, Dea Ananda, dari SMA Negeri 07 Gowa. Sebagai Best Favorite Duta Baca, adalah Natasya Putri, dari SMA Negeri 07 Gowa.

 

Tugas Duta Baca terpilih adalah mengkampanyekan pentingnya literasi, khususnya di Kecamatan Tompobulu, lalu bergerak bersama dengan para pegiat literasi, komunitas dan pemerintah dalam menciptakan regenerasi cakap literasi terutama bagi peserta didik di Kecamatan Tompobulu. Sebagai The Winner Duta Baca 2023, Nuramelianti, mengungkapkan bahwa dia banyak mendapat pengalaman dan teman baru. Juga lomba ini membuat dirinya lebih bersemangat lagi bergerak di bidang literasi berkarya untuk Tompobulu Gemilang.

 

Rencana program ke depan, kata Rara, Komunitas Pintu Literasi akan terus bergerak bersama-sama, beraksi, mengabdi, berkarya, dan bermanfaat dalam bidang literasi.

 

Suksesnya kegiatan yang dihelat Komunitas Pintu Literasi ini berkat dukungan sejumlah pihak, antara lain Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa dan para sponsor.

 

Yakni Maharaja Bilioner, Rinra Print Malakaji, Amalia Make Up, Pallu Kayu, Yam Bouquet, Sina Aulia Putri Kosmetik, Atala Bread, Kedai Literasi, MC Daeng Marlin (MC Pakampog) dan Duta Pelajar Kabupaten Gowa Nurmi (Siswi SMA Negeri 16 Gowa).

 

Juga Rumah Singgah, Balla Rate Parfum, Toko  Sipakainga' Bangunan, Zam Zam Jaya, Gfs31sport, Kedai Misra Ayu Drink House, Papotota Fotografer, dan SMPN 1 Tompobulu. (*)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa