Tim Dosen Unismuh Makassar Lolos Hibah Risetmu Batch VI Implementasi Siri’na Pacce Dalam Penanggulangan Fraud

 

 

Catatan RK 20 Februari 2023 - Tim Dosen Unismuh Makassar Lolos Hibah Risetmu Batch VI, dengan mengangkat judul proposal “Implementasi Siri’na Pacce Dalam Penanggulangan Fraud’’. Terdiri dari, Ketua Tim  Muhammad Nur Abdi, SE., MM, Anggota Muhammad Adil, SE., M.Ak., Ak, Mursalim Nursalam Akhmad, Muhammad Rezki dan Qanita Mokodompis

 


Menurut Ketua Tim Penelitian ini, Muhammad Nur Abdi Mengapa kami  memilih penelitian dengan judul  : Implementasi Siri’na Pacce Dalam Penanggulangan Fraud karena  Siri Na Pacce merupakan salah satu kearifan lokal suku Bugis Makassar. Nilai-nilai dalam falsafah Siri 'na pacce sebagai modal utama setiap pengembara, merupakan buku hidup untuk menjunjung nilai-nilai tersebut. Seperti dalam pesan bijak: 'Kegasi sanree lopie kositu to tao sangereng' (Di mana perahu ditambatkan, di situlah kita menaruh pikiran).

 


Kalimat ini mengandung pesan leluhur; setiap pendatang Bugis Makassar harus mampu beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan barunya. Ia menganut nilai-nilai Siri 'na pesse sebagai pegangan utama dalam bertindak dan berperilaku dengan tetap adaptif dan toleran terhadap budaya dan adat istiadat

 

Adapun lokasi penelitian mengcakup Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, Takalar, Soppeng, dan Barru, kegiatan ini berjalan selama tiga bulan dari akhir tahun  2022 hingga 2023.


Muhammad Nur Abdi Sebagai ketua Tim berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat tentang pengetahuan yang lebih tentang Fraud, memberikan pengetahuan yang lebih tentang Siri’na Pacce, dapat memberikan pemahaman dan pemaknaan dengan metode penelitian berlandaskan nilai kearifan lokal dan memperkenalkan metode tersebut bagi penerus pemuda di era milenia, dan buat pengambil keputusan dalam institusi ataupun perusahaan, dapat memperkuat pemahaman nilai kearifan lokal dalam penanggulangan fraud pada intitusi ataupun perusahaan. (tutupnya).

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa