Di Bina Astra KBA Kanreapia Jadi Kampung Iklim Lestari

 


Manfaat Jadi Kampung Iklim, KBA Kanreapia Proklim Lestari

 

Di Bina Astra (PT Astra International TBK) KBA Kanreapia jadi Kampung Iklim pada tahun 2020, kategori pada tahun itu sebagai Kampung Iklim Utama, pertama kali diverifikasi dan langsung masuk kategori utama dan mendapatkan tropy utama. Selang dua tahun Kampung Berseri Astra naik tingkat menjadi kampung iklim lestari, kategori tertinggi pada kampung iklim oleh kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK). KBA Kanreapia merupakan satu – satunya di Kabupaten Gowa yang berstatus Proklim Lestari.

 

Kategori Program Kampung Iklim terdiri dari Pratama, Madya, Utama dan Lestari, Kategori proklim ditetapkan berdasarkan nilai akhir Proklim, yang merupakan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi dan dukungan berkelanjutan.

 

Manfaat Proklim mampu mendapatkan pengakuan secara nasional, terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim

 

Manfaat Proklim mampu menyatukan berbagai pemangku kebijakan, pemerintah pusat, daerah, dunia usaha, komunitas maupun masyarakat dalam menerapkan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. 

 

 

Manfaat Program Kampung Iklim lainnya meliputi:

1. Meningkatnya ketahanan masyarakat dalam menghadapi variasi perubahan iklim dan dampak perubahan iklim;

2. Terukurnya potensi dan kontribusi pengurangan emisi GRK suatu lokasi terhadap pencapaian target penurunan emisi GRK nasional

3. Tersedianya data kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya di tingkat lokal yang dapat menjadi bahan masukan dalam perumusan kebijakan, strategi dan program terkait perubahan iklim;

4. Tersosialisasinya kesadaran dan gaya hidup rendah karbon

5. Terwujudnya kegiatan – kegiatan penghijauan dan ramah lingkungan

6. Meningkatnya kemampuan masyarakat di tingkat lokal untuk mengadopsi teknologi rendah karbon.

Adapun Tujuan dari Program Kampung Iklim

1. Umum

Program Kampung Iklim dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK. Hal lain yang diharapkan dapat tercapai melalui pelaksanaan ProKlim adalah:

a. Menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan adaptasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional atau lokal yang dapat mendukung upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kerusakan lingkungan secara umum.

b. Menjembatani kebutuhan masyarakat dan pihak-pihak yang dapat memberikan dukungan untuk pelaksanaan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

c. Meningkatkan kerjasama seluruh pihak di tingkat nasional dan daerah dalam memperkuat kapasitas masyarakat untuk melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim

d. Menumbuhkan gerakan nasional adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat yang bersifat aplikatif, adaptif dan berkelanjutan

e. Mengoptimalkan potensi pengembangan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dapat memberikan manfaat terhadap aspek ekologi, ekonomi dan pengurangan bencana iklim.

f. Mendukung program nasional yang dapat memperkuat upaya penanganan perubahan iklim secara global seperti gerakan ketahanan pangan, ketahanan energi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pencapaian target penurunan emisi sebesar 26% pada tahun 2020 dibandingkan dengan jika tidak dilakukan upaya apapun.

 

2. Tujuan Khusus

Tujuan Khusus Program Kampung Iklim adalah:

a. Mengidentifikasi kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya di tingkat lokal.

b. Memberikan pengakuan terhadap aksi lokal yang telah dilakukan masyarakat untuk mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

c. Mendorong penyebarluasan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah berhasil dilaksanakan pada lokasi tertentu untuk dapat diterapkan di daerah lain sesuai dengan kondisi wilayah dan kebutuhan masyarakat setempat.

 

Itu dia manfaat dan tujuan – tujuan Program Kampung Iklim, KBA Kanreapia juga terus menyebar luaskan seruan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, menuju Alam Yang Lestari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kirana Sahira Yuswan Borong 3 Atribut Juara Pemilihan Dara Daeng Sulawesi Selatan 2023

Embung Pertanian Desa Kanreapia Beragam Ukuran Jadi Solusi Ketersediaan Air di Musim Kemarau

Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Gowa